disable copas

!--MBW Code -->

Wednesday 28 March 2012

Thailand Part 1

Thailand Part 1 | Little Things To Share
Welcome to The Confeito !!!

This is my first article, it's about travel to Thailand,

Gw bakal critain pengalaman dan serunya kota Bengkok ini, eh Bangkok kamsudnya. Sebelum travel gw udah nyiapin rencana ato bahasa jowonya itinerary dengan buku, like Top 10 Bangkok, some blogs, and report trip to that country.


gw jabarin persiapan kecil gw:

1. Paspor, tiket, voucher hotel/hostel, voucher show, uang(dalam baht/dollar), kamera, kacamata hitam, botol minum
2. Pakaian, bawa pakaian yang tipis karena Bangkok sangat panas (bulan maret, transisi musim hujan ke panas)
3. Flip Flop, slalu pake flip-flop alasannya biar kaki ga pegel buat jalan jauh, dan sirkulasi udara lancar dibanding sepatu (tapi sepatu dibw juga)
4. Peralatan mandi, walaupun di hostel nyediain toiletry (sampo, conditioner is free) but handuk, it's for rent
5. Obat dan sanitiser, walaupun di Bangkok banyak apotek tetapi alangkah baiknya membawa obat dari Indo, dan di hostel tempat gue nginap juga nyediain first aid kid, oh ya obatnya dalam tulisan Thai, jd ga mau sampe salah obat kan?
6. Colokan listrik / soket persis dengan di Indo dengan kepala 2 bulat.
7. Tas slempang kecil, diisi kayak peta transport Bangkok, paspor, dompet, kamera, botol minum

Gw critain sedikit tentang Bangkok, kotanya relatif aman karena orang Thai sendiri takut akan karma (if they did something bad, it will be paid in the next life), sistem transportasinya nyaman dan akses Airport ke Kota sangat gampang, dan orang Thai sangat menghormati Rajanya lohhh, mau tau kenapaa... contoh kecilnya sebelum film di bioskop dimulai, lagu kebangsaaan Thailand akan diputar dan wajib berdiri kecuali mau dijutekin orang", dan tiap jam 8pagi ato 6sore lagu kebangsaan diputar di pos polisi, dan pejalan kaki yang melintas kudu berhenti sejenak. #awesome

Oh ya ini negara banyak ladyboy, i wonder mereka uda biasa liat ladyboy, kalo disini kan heboh gimana gt(Indo) kalo disana karyawan juga banyak cewe jejadian, bahkan ladyboy menjadi daya tarik turis seperti kabaret show. Jadi menurut gw ladyboy itu diterima masyarakat disana.

Soal bahasa, masyarakat Thai berbicara thai dan tulisan seperti tempat makan, nama toko, dan nama jalan, tetapi nama jalan juga tertulis dalam alfabet, beberapa kedai makanan hanya tertera tulisan saja, tetapi ada yang menyediakan menu dan gambar #tinggalTunjuk

Kuliner disini sangat beragam dari makanan berat, jajanan ringan, desert semua ada di food streetnya Bangkok, barbeque gampang dicari, i wonder mereka demen skali bbq, dan minuman disepanjang jalan banyak dijual air jeruk peras yang dikemas dibotol dan air kelapa, serta buah-buahan potong.

Beberapa anak muda dan pelajar lumayan fasih dalam berbahasa inggris, tetapi supir taxi dan pedagang kedai makanan tidak begitu bisa bhs inggris, kadang body language sangat diperlukan.

trip kali ini dari tgl 21maret-26maret, singkat??? ya sangat singkat to discover Bangkok..
Sooo here we go...  neng song sam (thai languange : 1 2 3)

~ 21 Maret 2012 ~

Ibarat pribahasa pucuk dicinta ulam pun tiba, i was so excited, flight dengan AirAsia QZ 7716 menuju Bangkok, it took 3 hours dari Jakarta, AirAsia cuma punya 1x penerbangan dalam sehari ke Bangkok dengan jam 16.45. Penerbangan sangat lancar no turbulence, everything was smooth..

Untuk pemegang paspor Indonesia ga butuh visa buat masuk Thailand, tinggal isi form imigrasi Thailand yang akan dibagi sama pramugari, contohnya :

Thailand Immigration Form
Bang Pilot mengumumkan sebentar lagi bakal landing di Suvarnabhumi Airport, sangat exicited deh apalagi ini pertama kaliya ke Bangkok, Bangkok dari udara sangat indah dengan Highway dan lampunya terang, sungguh luas dalam hati saya.

Setelah keluar dari pesawat segera deh menuju passort control / immigration (ikutin aja sign board nya uda sangat jelas).
oh ya Airportnya sungguh indah dengan sentuhan khas Thai tentunya, udah berasa Thai banget :p.
Imigrasinya sepii (which i've read, it's crowded), tek tek tek .... stamp paspor pun beres, kemudian kami ke baggage claim buat ambil koper gitu, and liat di Tv dulu ya utk Arrivalnya ntar disana bakal tertulis maskapai, kota asal, no flight, dan counter utk pengambilan bagasi.

Setelah semua beres, bagasi uda ditangan, skrg menuju Kota Bangkok, yeah..!!
banyak pilihan utk ke kota bisa dengan Train(ARL), Bus, Taxi. Kami naik train alias ARL alias Airport Rail Link, ARL ini ada 2 type express dan cityline, kami naik cityline. utk express harganya 150baht

and then cari signboard to train, setelah ketemu, beli tiketnya di counter, di vending machine juga bisa dalam pecahan tertentu biasanya 20 dan 100 (uang kertas) dan koin 1, 5, 10 baht, karna duit gw dalam pecahan 1000 jd beli dicounter ya, tujuan kami Makkasan Station  tarifnya 35baht ato 10.500rupiah kemudian bakal dikasi chip hitam bulat, trus tapping ke reader, baru deh palang kebuka (bayangin kaya gate masuk busway ato MRT Singapore), terus turun eskalator menuju train, and then naik train, and i'm ready to travel..!

bersambung ke part 2


Share

3 comments:

  1. Hai..hai.. Salam kenal ya.. Blognya bgs pas bgt july aku mau ke bkk for the first time..^^
    mau nanya dong, hostel De talak brp ratenya? Dr mrt to hostel jauh ga ya? Sekitarnya byk jual makanan ga? Tp yg normalan gtu alias bkn yg aneh2 ky organ2 ya. Sori ni byk nanya..hehe..
    Thanks ya..
    Angel

    ReplyDelete
  2. thx for visiting
    rate utk stay 300baht/night/person itu pas lagi special price,
    mrt terdekat Queen Sirikit hanya 5 menit jalan kaki dari hostel.
    diluar gang hostel lumayan byk yg jual makanan. maksudnya organ2 apa ya??

    ReplyDelete