disable copas

!--MBW Code -->

Friday 5 October 2012

Itinerary Hongkong Macau Shenzhen

Itinerary Hongkong Macau Shenzhen | Little Things To Share
Hong Kong ...
is a dynamic city where East meet West - unknown

prolog...

Hong Kong dibagi berdasarkan wilayah dan pulau : Lantau, Kowloon, New Teritory, dan Hong Kong island, serta Outlying Island. Lantau dan Kowloon dihubungkan dengan jembatan Tsing Ma, sedangkan Kowloon dan HK Island dengan tunnel.

Hong Kong benar-benar kota 24 jam, makin malam makin rame, toko-toko merk ternama seperti LV, Gucci, Rolex, Burberry, Coach, dsb berada ditepi jalan, untuk turis yang tujuannya wisata belanja, Hong Kong adalah surganya berjalan dari 1 toko ke toko lain dipinggiran jalan menyusuri keramaian kota. Walaupun jalanan di Hong kong termasuk kecil, tetapi kendaraan disana tidak terlalu rame kecuali peak hour menjelang jam kerja, dan pejalan kaki sangat dimanjakan dengan trotoar yang rata dan lebar, lampu merah untuk pejalan kaki juga ada, dan mobil disana sangat memberi jalan dan tidak melanggar rambu lalu lintas.
Sungguh tidak salah kota ini mengusung tagline Asia's World City.

Untuk biaya hidup, dari segi penginapan/hostel berbudget rendah dan makanan, menurut saya lebih mahal dibandingkan dengan Singapura, tetapi untuk berbelanja barang bermerk jauh lebih murah di Hong Kong.
Rata-rata penduduk disini bisa bahasa inggris dengan baik tidak heran karena negara ini bekas jajahan Inggris, bahkan staff hostel saya sangat fasih berbahasa Inggris, sebagian besar penduduk HK menuturkan bahasa Kanton, dan Mandarin.

Perjalanan ke Hong Kong bisa berpergian sekaligus ke 3 negara : Hong Kong, Macau, Shenzen (China)
walaupun Hongkong dan Macau masih merupakan Special Administrative Regionnya China, kedua SAR ini memiliki mata uangnya sendiri. Macau hanya 1 jam dengan jetfoil dari Hong Kong, atau 15 menit dengan Helikopter, sedangkan Shenzhen berkisar 1 jam juga tergantung anda naik MTR dari station mana,

Transportasi
Transportasi HK menggunakan kapal Ferry, MTR, Bus, Taxi, dan Tram. Lebih dari 90% penduduknya menggunakan transportasi umum, bahkan motor sangat jarang terlihat di Hongkong. Jelas jika mempunyai kendaraan akan terbebas dari kata macet. Untuk menambah referensi silakan http://www.nwstbus.com.hk/home/default.aspx dan http://www.kmb.hk//en/ terdapat informasi tentang bus, rute, tarif, dan berbagai informasi ter-update tentang bus. Atau http://www.discoverhongkong.com/eng/index.jsp untuk info gress yang sedang berlangsung di HK.

Visa
Hong Kong dan Macau termasuk negara yang membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia, WNI bisa mengunjungi kedua negara tsb selama 30 hari, namun Visa diperlukan bagi mereka yang bekerja maupun belajar.

Shenzhen membutuhkan Chinese Visa atau Visa Shenzhen yang bisa diajukan ketika akan melewati imigrasi China di Lo Wu (VOA) penjelasan lengkapnya berada di sub part trip ini.


Berikut saya jabarkan itinerary yang saya buat untuk 8 hari, saya sengaja mendahulukan Shenzhen ditanggal 28 karena khawatir jika di tanggal 30 kantor imigrasi akan tutup karena menjelang hari kemerdekaan China.
Dan saya juga memberikan jarak 1 hari untuk ke Macau dan Shenzhen jadi ada space untuk beristirahat.

Day 1, Sept 25th 2012 Boarding
CGK - SIN - HKG - Chung King

Day 2, Sept 26th 2012 Lantau - Kowloon
Ngong Ping - Disneyland - Ladies Market

Day 3, Sept 27th 2012 Hong Kong Island
Causeway Bay(Times Square) - WanChai(Golden Bauhinia Square) -Central(Statue) - The Peak - Victoria Park (Lee Kum Kee Lantern)

Day 4, Sept 28th 2012 Shenzhen - Kowloon
Shenzhen - Avenue Of Star

Day 5, Sept 29th 2012 HK Island - Kowloon
Central (Mid Level Eskalator) - Stanley - Clock Tower - 1881 Heritage - Temple Market

Day 6, Sept 30th 2012 Macau
Macau : The Venetian - City of Dream - Senado Square - Ruins of St. Paul - Fisherman Wharf

Day 7, Oct 1st 2012 Kowloon
Pindah Penginapan - Harbour City - Canton Plaza

Day 8, Oct 2nd 2012 Home!
HKIA - SIN - CGK

Tulisan selanjutnya akan memuat rincian perjalanan selama 8 hari.

Share

No comments:

Post a Comment