disable copas

!--MBW Code -->

Monday 8 October 2012

Day 4 - HK Shenzhen

Day 4 - HK Shenzhen | Little Things To Share
Day 4, Sept 28th 2012

Berbekal dari info yang telah saya baca di blog maupun buku, bahwa Shenzhen menerapkan VOA bagi WNI dan kantor imigrasi yang sering tutup sesuka hati tidak membuat saya ragu untuk ke Shenzhen.

Saya berangkat agak siang, kira-kira jam 11 lewat, perjalanan hampir sekitar 50menit menuju MTR Lo Wu, disini perbatasan HK dan China, walaupun agak deg-degan saya memberanikan diri melewati imigrasi Hong Kong dengan tanpa Visa China di paspor saya.

Diperbatasan ini banyak sekali orang-orang yang menuju Shenzhen, saya pun berjalan ke arah imigrasi China, sebelum stempel paspor ada sebuah tangga menuju kantor imigrasinya China, naik ke sana, jangan melewati imigrasi China ya kalo belum ada Visa!

Di atas ada kantor dengan loket berisi 3 sampai 4 orang, suasana terlihat sepi, terlihat beberapa petunjuk untuk membuat VOA dan ada daftar negara dengan harga special (lebih mahal), Visa VOA ini seharga CNY 168, kalau belum ada CNY, bisa dibayar dengan HKD seharga HK$ 222 di sebuah ruangan di lantai yang sama yang terlihat seperti tour and travel. Anda akan dikasih struk kalo uda membayar. Jadi bayar dulu ya, baru ke loket untuk menyerahkan application permohonan visa.

Setelah mengisi aplikasi permohonan visa sesuai dengan contoh, saya mengambil nomor antrean, karena sepi nomor saya cepat dipanggil, kemudian menyerahkan application, anda akan di foto dikamera webcam, setelah itu struk diserahkan disebelah loket, dan tunggu hingga nomor dipanggil lagi, taraaa visa shenzhen telah melekat dipaspor, visa ini berlaku 5 hari dan harus keluar melewati Lo Wu lagi.

Kini anda bisa masuk China, setelah stempel selesai, di ujung jalan berakhir di sebuah terminal yaitu Lo Hu, dari sana anda akan melihat perbedaan Hong Kong dan China, jika ada yang bilang orang China jorok suka meludah dan wc yang bau, benar adanya. Usahakan menahan napas saat masuk wc disana :)

Penting : Kantor imigrasi China di Lo Hu beroperasi pukul 7 pagi hingga 1.30 siang!

Karena waktu yang sempit saya menuju Metro ( MRT'nya Shenzhen), saya menuju Lao Jie 2 station dari Lu Ho, disini ada Dong Men tempat belanja murah di SZ.
Kedatangan saya kesini hanya sekedar sight seeing, saya tidak mengunjungi Window Of The World ataupun Splendid China karena pada awalnya saya tidak tertarik ke sana.

Jalanan disini tidak sepadat dan seramai Hong Kong, saya santai sejenak di Momo Tea ( juice dan bubble tea), kemudian saya berjalan disekitar kawasan Dong Men, barang disini benar-benar murah, saya membeli sebuah tas seharga CNY 60, yang awalnya pedagang disana membuka harga CNY 388 turun menjadi 320, 120, 90, 80, 70, hingga saya kekeh 60 dan dia memberikannya. Disini jangan malu untuk menuliskan harga di kalkulator, anda bahkan dapat membeli barang dengan murah bukan lagi setengah harga seperti saya.

Setelah merasa puas dengan Dong Men, saya menuju Lo Hu dengan Metro meninggalkan SZ dan masuk ke Lo Wu di HK. Walaupun hostel saya dekat dengan Avenue of Stars, saya belum sempat mengunjunginya, dari Lo Wu saya turun di MTR terakhir di East Tsim Sha Tsui, jika saya berpindah-pindah jalur akan memakan waktu yang cukup lama.

Tiba di Avenue of stars saya menunggu symphony of light yang terkenal itu, setelah berfoto dengan patung Bruce Lee dan cap tangan aktor artis HK, saya duduk menyaksikan symphoni yang menurut saya biasa banget, tidak terlalu spesial.

Avenue of Stars

prev page                                                next page

1 comment:

1. Hi...mo tny dong, klo di shenzhen transportasi nya lbh gampang pk bus ato mrt? Thx...