disable copas

!--MBW Code -->

Monday 8 October 2012

Day 5 - HK Island

Day 5 - HK Island | Little Things To Share
Day 5, Sept 29th 2012

Breakfast pagi saya di Yoshinoya di Cameron Road daerah Tsim Tsa Tsui. Menu disini kurang lebih sama dengan menu di Indonesia, tetapi disini ada porknya, dan menu breakfast seperti ramen dan scrambled egg.

Yoshinoya

Perjalanan hari kelima saya menuju Central, exit di D2, saya menuju Mid Level Eskalator, eskalator sepanjang 700an meter ini agak susah ditemukan oleh saya, sempat tersesat dimana saya sudah sangat dekat, bahkan saya melewati eskalator tsb. Menuju Mid Level ada petunjuk jalan yang mengarah ke sana. Eskalator ini dibangun karena landscape Hong Kong yang berbukit-bukit.

Eskalator panjang ini melewati Soho, jalanan yang penuh dengan cafe dan pub, eskalator berakhir di mid level di Conduit Road, disini banyak juga turis kebingungan termasuk saya, mau ngapain sampai di atas, kalo balik lagi ke bawah bayangkan turun dengan tangga melewati turunan yang sangat banyak. Eskalator ini akan berjalan  turun setiap harinya jam 6-10, diluar jam itu jalannya naik.

Dekat petunjuk jalan di atas, ada bus stop no 3 berwarna hijau, saya naik bus tsb untuk menuju Central, perlu diperhatikan untuk naik bus, terlebih dahulu lihat kursi yang tersedia karna supir tidak akan mengizinkan anda untuk berdiri karena jalanan yang dilewati berkelok-kelok, saya turun di dekat Victoria Harbour, dan sedikit berjalan, saya turun di stop yang salah, kadang insting harus jalan untuk mencari arah yang benar, saya pun menemukan bus terminus, naik bus no 6, membawa saya ke Stanley.

Sepanjang perjalanan ke Stanley, melewati bukit, dan garis pantai Repulse Bay sungguh landscape yang indah. Saya turun di Stanley Plaza, tak lama berjalan di sana, saya turun mendekati pantai, Stanley itu sangat indah, dengan pantai dan cafe di tepinya, serta Stanley Market dan Blake Pier, tempat pendaratan bagi Ratu Inggris dan Prince of Wales di zaman itu.

Stanley

Di ujung pantai juga terdapat Kuil Pak Tai, Murray House, dan Viewing Deck ikuti panah ke arah Toilet untuk mencapai Viewing Deck dengan menaiki anak tangga yang lumayan tinggi, ada warning yang menarik perhatian saya, yaitu pernah ditemukan ular di daerah tangga untuk ke atas, jelas sekali karna jalanan itu menanjak sebuah bukit.

Sekitar jam 5 sore saya balik ke Stanley Plaza, menunggu bus nomor 6 yang membawa saya kembali, tetapi beruntung saya melihat bus no 973 ke arah Tsim Tsa Tsui (TST), tanpa ragu saya naik bus itu, jadi tidak perlu naik MTR lagi jika turun di HK Island.

Perjalanan dari Stanley ke TST terasa lama, karena Stanley terletak di selatan HK Island, dan TST diselatan Kowloon. Sampai di TST saya menuju Clock Tower karena pemandangan nya berbeda, disana ada lantern Terracota yang menghiasi clock tower di dekat Star Ferry Pier.

Terracota Lantern & Clock Tower
Menuju Chung King, saya melewati 1881 Heritage bangunan yang bergaya Eropa ini menjadi photospot beberapa orang yang lewat disana.

1881 Heritage
Malam semakin ramai, setelah pulang dan mandi, saya menuju Temple Market, turun di Yau Ma Tei, exit C berjalan ke arah Man Ming Lane, dan temple market di depan mata.
Temple Market lebih sepi dibandingkan Ladies Market, disini banyak penjual aksesoris, kaos, makanan, seperti pasar malam pada umumnya. Saya memesan mie goreng yang rasanya sangat hambar.